Betap Kamar Mandi

Sabtu, Mei 20th 2017. | Aksesoris, Minimalis, Unik
Advertisement

Penggunaan betap kamar mandi adalah salah satu contoh budaya yang kita adopsi dari budaya berendam ala Eropa. Di Jepang, sejak dulu juga sudah ada sistem mandi berendam yang mirip dengan penggunaan betap kamar mandi ini, namun dengan model berbeda. Pada daerah-daerah di Indonesia sendiri, sebenarnya sudah lazim ditemui kebiasaan berendam. Namun membawa suasana berendam itu pada ruangan di dalam rumah, apalagi di dalam ruang kamar mandi yang kecil, itu kita adopsi dari budaya Eropa.

Betap kamar mandi (Eng: bathub) saat ini sudah sangat umum dijumpai pada bangunan hunian di Indonesia. Fungsi kamar mandi yang saat ini meluas juga sebagai mood booster, sering men-syaratkan keberadaan betap sebagai aksesoris penting di dalamnya.

Melihat ukurannya, mungkin akan terbersit keraguan pada benak kita, mungkinkah bisa melakukan instalasi betap kamar mandi tersebut pada kamar mandi di rumah mungil yang kita rencanakan. Saat ini, dikarenakan banyaknya opsi yang ditawarkan oleh industri penyedia betap, rasanya sudah tidak perlu terlalu risau mengenai hal tersebut. Saat ini lazim ditemui betap sudut (corner bathub), biasanya terbuat dari bahan akrilik, untuk menyiasati kamar mandi berukuran kecil. Bahkan ada model betap duduk (sit bathub) yang ukurannya kira-kira hanya separo dari betap biasa, jika memang sekiranya memang memerlukan kehadiran betap di kamar mandi mungil kita.

Dalam pemilihan betap kamar mandi, hal-hal yang biasanya perlu dipertimbangkan antara lain: luas kamar mandi, material betap (terkait dengan seberapa sering betap tersebut akan digunakan), kedalaman betap, fitur yang ada pada betap, serta kesesuaiannya dengan interior kamar mandi. Luasan kamar mandi jelas akan membatasi opsi jenis betap yang bisa kita tempatkan pada kamar mandi kita. Material betap yang beredar saat ini adalah akrilik, marbel, besi tuang enamel, fiberglas, dan polimer. Masing-masing bahan ini mempunyai sifat menahan panas berbeda-beda, demikian juga mengenai keawetannya. Kedalaman betap, ada perbedaan antara gaya Eropa (sekitar 18 inci) dengan gaya Jepang (sekitar 22 inci), sesuaikan dengan gaya berendam yang kita sukai.

Semoga artikel kami mengenai betap kamar mandi ini dapat membantu memberikan acuan bagi pembaca sekalian.

Advertisement
tags: , , ,