Cara Pasang Shower Kamar Mandi

Rabu, Mei 24th 2017. | Minimalis
Advertisement

Cara Pasang Shower Kamar Mandi РKamar mandi merupakan tempat yang wajib dimiliki setiap rumah. Secara umum, kamar mandi hanya terdapat bathtub atau bak kamar mandi dan kloset. Namun, era modern seperti ini telah banyak yang memasang shower kamar mandi. Secara perhitungan, shower memang lebih irit air daripada menggunakan gayung. Ini merupakan salah satu sebab mengapa banyak orang mulai beralih menggunakan shower. Selain itu, shower memiliki keunggulan lain yakni lebih praktis dan higienis karena air tidak terkontaminasi dengan kotoran sabun saat mandi. Jika Anda menginginkan mandi menggunakan air hangat, maka shower merupakan pilihan tepat karena terdapat pilihan antara air dingin atau air panas jika ada fasilitas air panasnya. Shower juga sangat cocok diterapkan untuk tipe rumah minimalis yang umumnya hanya memiliki ruang kamar mandi kecil. Lalu, bagaimana cara pasang shower kamar mandi? Penasaran? berikut artikelnya khusus untuk Anda.

Cara Pasang Shower Kamar Mandi

cara pasang shower kamar mandi

Secara umum shower memiliki dua jenis yaitu pertama jenis shower yang memiliki gagang. Model shower ini memerlukan gantungan khusus untuk meletakkan gagang shower yang telah selesai digunakan. Jenis shower kedua adalah shower tempel yang langsung dipasang di dinding kamar mandi. Cara pasang shower kamar mandi adalah sebagai berikut:

  1. Jika ada fasilitas air panas maka siapkan pipa khusus untuk air panas ke arah kran air dan air dingin bisa menggunakan pipa standar.
  2. Pasang 2 buah stop kran, untuk air panas pilihlah stop kran yang terbuat dari logam sedangkan untuk air dingin bisa menggunakan stop kran berbahan plastik.
  3. Siapkan pipa fleksibel berukuran 25 – 30 cm, pipa besi T dengan ukuran 12 inchi yang memiliki nipple di bagian ujungnya, seal tape, kunci pas dan kunci inggris.
  4. Matikan sumber air, kemudian pasang seal tape dengan lapisan yang agak tebal di setiap ujung drat.
  5. Pasang  2 buah stip kran pada sock drat yang telah disediakan di dinding kmaar mandi.
  6. Pasang pipa T logam pada salah satu stop kran
  7. Sambungkan pipa fleksibel di bagian ujung stop kran, kencangkan dengan kuat nipplenya dengan menggunakan kunci inggris.
  8. Pasang selang dan ujung shower serta pasang pula penggantung shower di dinding kamar mandi.
  9. Shower siap digunakan.

Apabila letak toren terlalu jauh dari shower maka dapat mengakibatkan tekanan air dalam shower menjadi lambat atau tidak deras. Untuk menambah jumlah tekanan air dalam shower, gunakan pompa pendorong atau pompa booster. Sedangkan untuk mencegah jamur dan bakteri, bersihkan shower secara rutin menggunakan cairan pemutih baju. Caranya sangat mudah yaitu, larutkan pemutih baju dengan air secukupnya kemudian siramkan ke bagian shower. Menembakkan uap panas ke shower juga mampu mengurangi resiko tumbuhnya jamur dan bakteri. Nah, semoga artikel cara pasang shower kamar mandi diatas dapat memberikan manfaat.

Advertisement
tags: ,