Kamar Mandi Jepang

Sabtu, April 2nd 2016. | Minimalis, Unik
Advertisement

Kamar mandi Jepang – Membuat rumah minimalis selalu terlihat rapi dan indah tentulah menjadi idaman setiap orang. Jangan sampai karena ukuran rumah yang terbatas menjadikan kamar mandi Anda lepas dari sorotan desain rumah minimalis Anda. Terlepas dari itu semua, kamar mandi menjadi bagian penting yang harus hadir di dalam rumah minimalis. Kamar mandi banyak difungsikan sebagai tempat membersihkan diri dari kotoran yang mengganggu aktifitas Anda. Namun dewasa ini mulai terpengaruh oleh budaya asing, seperti budaya masyarakat Jepang. Dimana orang Jepang akan menghabiskan banyak waktu berada di kamar mandi. Tentu tidak hanya membersihkan diri, kamar mandi menjadi tempat relaksasi yang nyaman setelah lelah seharian beraktifitas. Rutinitas di kamar mandi selalu dinanti, untuk menjaga tubuh tetap segar dan rileks dengan berendam di bak mandi.

Kamar Mandi JepangKamar Mandi Jepang

Pada umumnya konsep kamar mandi Jepang lebih banyak mengusung nuansa alam yang segar, sehingga dapat membuat siapapun di dalamnya lebih rileks dan tenang. Seperti dengan menempatkan unsur-unsur alam seperti tanaman hias dalam pot ataupun bambu air, batu alam dan kerikil, hingga konsep warna cat yang digunakan lebih natural. Sehingga banyak digunakan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, krem, dan warna solid. Karena warna-warna tersebut akan semakin menguatkan kesan natural pada kamar mandi tersebut. Mulai dari warna keramik hingga perabotan kamar mandi yang digunakan. Bahkan unsur kayu terlihat mendominasi kamar mandi, terlihat pada bagian lantai dan dinding kamar mandi. Meski tidak harus menggunakan kayu solid, Anda dapat menggunakan keramik bermotif kayu sehingga kamar mandi lebih hangat dan membuat suasana lebih tenang.

Terlihat pada kamar mandi Jepang di atas, pencahayaan menjadi hal begitu penting. Sehingga suasana kamar mandi akan lebih bersih seakan-akan Anda berada di alam luar meski berada dalam kamar mandi. Pencahayaan alami sangat bermanfaat untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kamar mandi. Namun tidak perlu terlalu terang dan silau sehingga membuat Anda lebih rileks. Anda dapat menggunakan pencahayaan lampu downligt di balik plafon di waktu malam untuk menerangi kama mandi tersebut.

Ditambah lagi dengan pemilihan perabotan kamar mandi Jepang yang unik dan menarik. Material yang digunakan semakin memperkuat kesan natural pada kamar mandi tersebut, seperti material batu alam ataupun kayu. Sebagaimana banyak digunakan pada masyarakat Jepang, penggunaan bak mandi atau ofuro wajib ada pada kamar mandi Jepang. Berendam air hangat dengan garam aromaterapi sangat membantu membuat suasana mandi Anda lebih rileks dan segar. Namun aktifitas berendam di bak mandi dipisahkan dari pembersihan badan. Oleh karena itu disediakan area membersihkan badan berupa shower dan kursi kecil baru kemudian berendam.

Kebanyakan kamar mandi Jepang antara area kloset dan kamar mandi tidak berada dalam satu ruangan yang sama. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, dapat Anda letakkan sebuah partisi, baik itu tirai bambu ataupun kaca polos. Sehingga kamar mandi akan terlihat bersih dan rapi seperti yang Anda harapkan. Berikut kami hadirkan beberapa pilihan gambar menarik untuk Anda, untuk memulai mendesain kamar mandi Anda dengan kamar mandi Jepang.

Advertisement