Kamar Mandi WC Jongkok

Rabu, Januari 27th 2016. | Kloset
Advertisement

Kamar mandi wc jongkok di Indonesia identik dengan kamar mandi untuk daerah pemukiman ataupun perumahan masyarakat kalangan menengah kebawah. Walaupun anggapan mengenai kamar mandi wc jongkok itu tidak sepenuhnya benar karena sebenarnya pemilihan ingin menggunakan kamar mandi dengan wc jongkok adalah pilihan dari penghuni itu sendiri. Walaupun saat ini penggunaan kamar mandi wc jongkok sudah mulai berubah ke kamar mandi wc duduk karena anggapan menggunakan kamar mandi wc jongkok kurang higienis, kurang nyaman dan bisa membuat otot kaki pegal dan persendian nyeri.

kamar mandi wc jongkok

Beberapa alasan yang umumnya dikemukakan umumnya masyarakat tidak sepenuhnya benar, salah satunya dari tinjauan kebersihan dan tingkat kehigienisan penggunaan kamar mandi wc jongkok dengan wc duduk justru biasanya memenuhi standar kesehatan. Salah satu contohnya kamar mandi wc jongkok justru lebih higienis karena penggunaannya tidak bersentuhan dengan kulit penggunanya. Terutama kamar mandi wc jongkok di sarana umum, tentunya dengan banyaknya pengguna yang bergantian akan membuat penggunaan kamar mandi wc jongkok lebih higienis, tentunya tetap harus ditunjang dengan standar pemeliharaan kebersihan dan sanitasi yang benar dan berkala. Dan saat ini kamar mandi wc jongkok ini memang lebih banyak digunakan di fasilitas dan sarana umum, termasuk gedung olahraga, perkantoran maupun fasilitas transportasi.

Pergeseran penggunaan kamar mandi wc jongkok ini tidak hanya dialami di Indonesia, pada negara lain juga mengalami hal yang sama, seperti di negara Jepang. Pada sebelum perang dunia 2, di negara ini mayoritas rumahnya menggunakan kamar mandi wc jongkok. Namun saat ini mungkin hanya 10 % pengguna kamar mandi wc jongkok dari keseluruhan penggunaan konsep kamar mandi minimalis di Jepang. Sekarang ini hanya dapat menemukan kamar mandi wc jongkok di bangunan- bangunan tua saja, yang cenderung masih berkonsep tradisional dan digunakan. Sedangkan untuk penggunaan di fasilitas dan sarana umum di Jepang biasanya ada pilihan yaitu kamar mandi wc jongkok atau wc duduk. Sehingga yang terbiasa dengan model kamar mandi wc jongkok pun tetap dapat menggunakan kamar mandi di sarana umum tersebut.

Lain halnya dengan salah satu komunitas di Amerika, berdasarkan penilitian dari beberapa profesional bidang kesehatan disana lebih menyarankan menggunakan kamar mandi toilet jongkok berbanding dengan penggunaan dari kamar mandi wc duduk.

Menurut mereka sedikitnya ada 5 masalah yang bisa ditimbulkan dari penggunaan kamar mandi wc duduk dibandingkan kamar mandi wc jongkok, yaitu :

1. Masalah konstipasi

2. Hemmorhoids

3. Penyakit saluran pencernaan

4. Kesulitan/infeksi saluran kencing

5. Permasalahan pada otot pelvic

Yang pada umumnya dikarena penyebabnya adalah penggunaan kamar mandi wc duduk membuat saluran pembuangan maupun kencing tertutup sebagian sehingga kedepannya dapat menimbulkan permasalahan kesehatan seperti diatas. Selain pembahasan permasalahan yang ditimbulkan karena penggunaan wc duduk jangka panjang, ada solusi yang diberikan untuk yang sudah memiliki kamar mandi wc duduk yaitu dengan menggunakan penyangga kaki berbentuk potty, sehingga posisi tubuh menyerupai jongkok. Mereka mengklaim dapat mengurangi permasalahan kesehatan yang mungkin timbul tersebut.

Kamar Mandi WC Jongkok

Pada bagian akhir kami sajikan galeri pilihan untuk Anda. Untuk pembahasan kami kali ini cukup sekian, terima kasih telah berkunjung ke pembahasan kami seputar kamar mandi wc jongkok.

Advertisement